Tingkatkatkan kemampuan Fisik Prajurit Kodim 0116/Nagan Raya Laksanakan Garjas Periodik II

Nagan Raya, – Untuk meningkatkan kesegaran jasmani dan memelihara kemampuan fisik prajuritnya, Kodim 0116/Nagan Raya melaksanakan kegiatan tes kesegaran jasmani (Garjas) Periodik II Tahun Anggaran 2022, bertempat di Alun-Alun Suka Makmue Kabupaten Nagan Raya, Kamis (02/11/2022).

Sebelum pelaksanaan kegiatan, terlebih dahulu dilaksanakan pengecekan suhu personel serta dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan yakni mengukur tensi dan denyut nadi bagi seluruh prajurit. Hal ini wajib dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi kesehatan masing-masing prajurit sebelum melaksanakan tes Garjas tersebut.

Lebih lanjut Dandim 0116/Nagan Raya diwakili oleh Pasipers Kapten Inf Amrin, mengatakan, “Tantangan tugas yang dihadapi ke depan di satuan kewilayahan semakin berat. Hal ini tentunya dibutuhkan fisik yang prima dalam pelaksanaan tugas tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan pembinaan fisik secara teratur, salah satunya melalui pelaksanaan tes Garjas periodik II tahun 2022,” jelasnya.

Dalam pelaksanaan tes Garjas ini, seluruh prajurit diambil nilainya secara perorangan, pelaksanaan kesamaptaan jasmani dimulai dengan melaksanakan lari selama 12 menit dan dilanjutkan melaksanakan garjas B dengan materi :

(Pull ups/Chining, Sit ups/mod Sit Up, Push ups/mod Push Up, Lunges, Shutle Run 2 X 10 m serta renang dasar jarak 50 meter. Apabila ada prajurit yang belum mencapai standar nilai kelulusan yang sudah ditetapkan, prajurit yang bersangkutan akan dilaksanakan pembinaan fisik tersendiri dan diberikan pelatihan secara khusus sampai mencapai nilai yang ditentukan oleh TNI Angkatan Darat”, tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Pajas Korem 012/Teuku Umar, Tim Kesehatan dari Denkesyah Meulaboh, Perwira Kodim dan serta anggota Bintara Tamtama jajaran Kodim 0116/Nagan Raya.(*)
Editor: A2W

Pos terkait